Pengusaha Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Boyolali

Pengusaha Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Boyolali . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Kampung tsb diketahui sebagai pusat produsen seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa keluarga Tumang memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak konsumen. Skill mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan hanya membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, teko, dan lain-lain namun kini sudah bertolak ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris masjid, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, baru-baru ini, mulai bergairah dengan naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Negara Tercinta dan manca negara. Permintaan kerajinan kuningan bertambah sangat signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi website. Dgn adanya teknologi website maka ingin menolong para produsen kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi website begitu menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke semarang. Tak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kutai kartanegara.


Contoh Seni Logam yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat mempunyai rancangan sendiri AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn banyak yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam tembaga begitu beraneka ragam namun AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini yaitu beberapa parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal sebab bahan yg dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya jg murah sebab bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Problem lainnya, pengrajin Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt meraih harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab tsb, ahli kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan memantau selera pasar. Masa ini AA Gallery tdk hanya meraih permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan interior hotel namun sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk hanya satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari solok. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu cara guna membuat kerajinan tembaga yg memiliki kualitas dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yg penting customer terpuaskan.